More Website Templates @ TemplateMonster.com - September 26, 2011!

Pondok Putri Duyung Ancol, pada hari Sabtu, 4 Februari 1978, menjadi saksi bagi delapan deklarator IALI - alm. Zain Rachman; alm. Soemarno Sosroatmojo; Atje Dimyati Salfifi; alm. Juju R Sumono; Basuki Triwidodo; alm. Sofyan Musa; alm. Januar Thalib ; dan alm. John P Manoe - yang bersepakat akan perlunya wadah profesi arsitek lansekap, dan oleh karena itu dengan sungguh hati menyatukan niat untuk membentuk Ikatan Arsitek Lansekap Indonesia. Sejak saat itu, keberadaan profesi arsitek lansekap yang telah ada sejak pertengahan tahun 1960-an menapak sejarah baru dengan berdirinya ikatan profesi yang akan mewadahi setiap insan cendikia dan profesional arsitek lansekap di Indonesia. Geliat organisasi ini diawali dengan diterimanya secara resmi, Indonesia sebagai state member  di International Federation of Landscape Architect (IFLA) pada kongres dunia di Cambridge, Inggris tahun 1979. Secara berturut turut Zain Rachman, Sumiantono Rahardjo, Abas Sudarmoko, Bintang Agus Nugroho, dan Omar Samuel Ichwan Ratulangie menahkodai biduk IALI.

Indonesia menunjukkan kiprahnya di dunia internasional dengan berprestasi dalam ajang student competition yang diselenggarakan IFLA dan UNESCO di dasawarsa 80 dan 90-an, puncaknya Indonesia dipercaya untuk menyelenggarakan IFLA world congress pada tahun 1996 di Bali, setelah sebelumnya dua kali dipercaya untuk mengadakan IFLA eastern regional congress. Di tatar dalam negeri, IALI memiliki counter part di beberapa departemen dan kementerian yang sangat relevan dengan visi dan misi iali, selain tentunya di sektor swasta. IALI berperan aktif dalam berbagai aktifitas lintas sektoral untuk menjembatani dunia pendidikan, dunia profesi dan industri, untuk menciptakan industri kreatif yang sadar budaya dan lestari IALI berperan aktif dalam terbentuknya Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional - LPJKN - yang merupakan lembaga dengan otoritas tertinggi dalam dunia kontruksi di tanah air. IALI berhasil menjadi salah satu asosiasi profesi pertama yang lolos dari sertifikasi yang dilakukan lembaga ini, dalam rangka penyetaraan kualitas organisasi profesi yang berkenaan dalam bidang industri konstruksi.

Arsitektur lansekap
Arsitektur lansekap adalah ilmu dan seni yang merangkum bidang multi disiplin yang menggunakan data ekosistem, ilmu ekologi (termasuk ekologi manusia), geografi, geologi, hidrologi, limnologi, tanah, klimatologi, psikologi lingkungan, botani, hortikultura, demografi, dan sejarah - bagi keberlanjutan dan kelestarian lingkungan hidup. Arsitektur lansekap melingkupi beberapa ranah yang berbeda, perencanaan lansekap dalam skala makro dan meso, perancangan lansekap dalam skala meso dan mikro, serta manajemen lansekap dalam skala makro, meso, dan mikro. Kesemuanya meliputi kegiatan investigasi sistematis pada kondisi masa lalu, masa kini, dan proyeksi masa depan dari berbagai bidang ilmu yang tersebut di atas, untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan. Praktisi dalam semua kegiatan tersebut di atas disebut sebagai arsitek lansekap.

Dalam ranah perencanaan lansekap, arsitek lansekap terlibat intensif dalam kegiatan perencanaan tata ruang kawasan lindung, restorasi lingkungan, manajemen sumberdaya visual, reklamasi daerah kritis, perencanaan kawasan wisata, perencanaan dan penyediaan infrastruktur hijau, serta perencanaan kota dan wilayah Dalam ranah perancangan lansekap, arsitek lansekap terlibat intensif dalam kegiatan masterplanning kawasan industri, perkantoran, pemukiman, pendidikan dan rekreasi, kawasan bersejarah, urban desain, perancangan ruang publik kota bahkan hingga ruang privat dalam taman rumah tinggal. Dalam ranah manajemen lansekap, arsitek lansekap terlibat dalam pengelolaan taman nasional, suaka alam, hingga manajemen lansekap kota dan wilayah, kawasan industri, perkantoran, pemukiman, pendidikan dan rekreasi.